}

Kamis, 28 Oktober 2010

Apakah Ganja Itu Haram ?

Ganja adalah narkoba yang paling sering disalahgunakan di dunia. Dalam World Drug Report (UNODC, 2008): ganja mendominasi 65% narkoba yang disita dan menempati urutan tertinggi penggunaannya di dunia dibanding narkoba lain.
Di Indonesia, sekitar satu dari sepuluh pelajar mengaku pernah menggunakan atau mengisap ganja setidaknya satu kali dalam hidup. Bahkan, separuh dari yang mencoba, mengisap ganja setiap hari atau menjadi pennyalahguna tetap.
Menurut para medis, komposisi kimia
yang terkandung dalam ganja adalah Cannibanol, Cannabidinol atau THC yang terdiri dari Delta -9- THC dan Delta -8- THC. Delta -9- THC sendiri dapat mempengaruhi pola pikir otak manusia melalui penglihatan, pendengaran, dan suasana hati pemakainya. Sementara Delta -9- THC diyakini para ilmuwan medis mampu mengobati berbagai penyakit. Daun dan biji ganja membantu penyembuhan penyakit tumor dan kanker. Akar dan batangnya bisa dibuat jamu yang mampu menyembuhkan penyakit kejang perut (kram), disentri, anthrax, asma, keracunan darah, batuk, diare, luka bakar, bronchitis.
Sebuah fakta lagi, kebanyakan orang takut menggunakan ganja bahkan haram bersentuhan dengannya, padahal ganja banyak dipasarkan dalam kemasan lain yang sering dikonsumsi orang tersebut sehari-hari, misalnya sebagai obat antikantuk, obat pelangsing, obat peningkat kecerdasan, obat kuat seks dan obat untuk menambah kepercayaan diri.
Jangankan Ganja, Morphine pun banyak digunakan sebagai bahan pengobatan. Bedanya, semua itu dengan takaran yang tepat. Siapa bisa menjamin, bahwa semua orang bisa bijak dalam menggunakannya ?
Sedangkan Uang yg halal saja banyak disalah gunakan apalagi yg “HARAM”.
Berapa banyak yg menggunakan uang dengan bijaksana, berapa banyak yg menghamburkannya ?
Tidak ada di Al-Qur’an ganja itu HARAM, yang haram itu miras!
Ganja nggak memabukan kok, yang disebut memabukan itu kan kalo kehilangan kesadaran. Tapi kalo ganja masih ngrasain kesadaran. Digigit anjing aja juga masih terasa sakit-sakit paling seminggu uda sembuh (nggak kayak tokipan/obat-obat yang laen). Paling cuma ketawa mulu kalo abis ngisepnya. Bukankah senyum/ketawa itu merupakan sebagian dari ibadah???
Ganja itu sehat, terutama lagi kalo dihisap. Gunannya sebagai penambah nafsu makan.